Sunday 15 June 2014

Cabai Pencegah Kanker

Khasiat Cabai Merah
Rasa pedas pada cabai mungkin tidak disukai banyak orang. Namun ternyata cabai punya khasiat yang luar biasa yang mungkin belum anda ketahui.  Cabe banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas, terlebih untuk cabe berwarna hijau. Dan cabai ternyata juga mengandung zat anti kanker lho.

Cabai juga mengandung zat capsaicin (terdapat pada tangkai atau bagian putih dari cabe (bisa dilihat jelas dengan membelah dua cabe).
Zat capsaicin ini yang membuat cabe terasa pedas dan panas, namun jangan salah, zat ini pulalah (selain kandungan lain dalam cabe) yang memberi berbagai manfaat buat tubuh kita.

Manfaat cabai buat kesehatan
Adapun berbagai manfaat cabe buat kesehatan antara lain :

- Menyembuhkan  nyeri akibat luka berdarah
Kadang, jika misal tangan teriris pisau dan sudah diberi obat merah, rasa  perih masih bisa terasa dari luka itu. Dan cabai merah ternyata bisa menghilangkan nyeri atau perih dari luka seperti itu. Caranya cabai merah dikeringkan lalu ditumbuk halus. Cabai merah halus lalu ditaburkan pada luka. Cabai tak akan menambah sakit luka anda karena zat capsaicin pada cabai mampu menghilangkan rasa sakit dan bisa menghentikan pendarahan yang ada dengan cepat.

- Penurun demam
Untuk menurunkan deman hanya gunakan (segenggam) daun cabe (bukan cabenya lho) yang ditumbuk halus, ditambahkan 1 sendok makan minyak goreng dan campur rata. Tempelkan campuran itu di ubun-ubun atau seluruh badan dan tak lupa penderita di selimuti agar keluar keringat yang membuat suhu badan panas menjadi turun dengan cepat.

- Meredakan flu/pilek, batuk berdahak
Kandungan  zat capsaicin yang ada di cabe bisa membantu mengencerkan lendir sehingga lendir yang tersumbat di rongga hidung bisa keluar.

- Mencegah stroke, penyumbatan, pembuluh darah, impotensi dan jantung koroner.
Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

- Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi
rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyak rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita. Selain itu cabe berkhasiat juga untuk meredakan migrain.

- Meningkatkan nafsu makan
Karena capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

- Sumber antioksidan alami

- Mengurangi kadar kolesterol

- Membantu mengurangi resiko terkena kanker.
Sebuah penelitian di Inggris mengatakan kandungan capsaicin yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal apabila dikonsumsi secara rutin.
   
- Membantu pembakaran lemak/ kalori
Dengan mengkonsumsi cabai, sekitar 25 % kalori kita bisa terbakar.
 
- Membantu menghambat pertumbuhan jamur di kulit
Pertumbuhan jamur Candida Albicans, jamur yang tumbuh dipermukaan kulit dapat dihambat dengan menggunakan ekstrak buah cabai.

- Mengatasi masalah ketidaksuburan
Cabai mengandung zat  antioksidan dan betakaroten sehingga diyakini bisa mengatasi masalah ketidaksuburan.

- Memperlambat penuaan 
Cabai hijau mengandung lebih banyak zat antioksidan dimana zat ini memiliki manfaat untuk memperlambat ketuaan.

Semoga bermanfaat