Sunday 15 June 2014

Waspadai Gejala Awal Stroke

Anda mungkin sering mendengar tentang stroke, namun mungkin belum mengerti mengapa orang bisa terkena stroke ?
Stroke merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Menurut pengakuan penderita penyakit ini gejala stroke ringan hampir seperti gangguan kesehatan biasa.  
Dan dari sebuah survey yang dilakukan kepada 71 ribu responden di Amerika Serikat, ternyata sakit dada  merupakan gejala stroke yang paling sering mereka alami.

Karena itu, sebelum terlambat sebaiknya waspadalah dengan penyakit yang satu ini. Kenalilah gejala-gejala umum stroke dari awal sebelum sampai memicu gejala stroke yang lebih besar dan membahayakan jiwa anda.
Berikut gejala umum penyakit stroke :

1. Kelelahan secara tiba-tiba, atau mati rasa, kelumpuhan atau perasaan lemah tiba-tiba di wajah, lengan atau kaki, khususnya jika hanya terjadi satu sisi tubuh. 

2. Gangguan berjalan atau keseimbangan. (kehilangan keseimbangan, atau kesulitan ketika akan berjalan).

3. Perubahan daya pandang secara tiba-tiba (Mata secara tiba-tiba bermasalah baik hanya satu atau kedua mata.)

4. Gangguan bicara  atau kesulitan bicara dan gangguan memahami kalimat-kalimat sederhana, atau perasaan bingung.

5. Sakit kepala kronis tiba-tiba yang berbeda dengan sakit kepala sebelumnya.


Yang perlu diperhatikan, tidak semua orang memiliki gejala yang sama bahkan bervariasi  , tergantung dari penyebabnya seperti pengentalan darah,  penyumbatan darah atau pendarahan. Selain itu lokasi penyumbatan atau pendarahan dan luas kerusakan area otak mempengaruhi gejala stroke.