Sunday 8 June 2014

Ini Dia Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh Wanita

Hampir semua orang wanita ogah terkena sinar matahari karena berbagai alasan seperti takut kulit jadi hitam dan sebagainya.

Namun sinar matahari ternyata mempunyai banyak kebaikan dan manfaat buat tubuh wanita.

Berikut kebaikan dan manfaat matahari bagi tubuh wanita

1. Sebagai Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri.
Sinar matahari dipercaya mampu membunuh bakteri penyakit, virus maupun jamur. Terapi sinar matahari bisa digunakan buat para penderita TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma. Bukn itu saja, Sinar matahari juga bisa membunuh virus dan jamur seperti candida.

2. Mengurangi Gula Darah
Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan dalam hati dan otot.

3.Pengatur Suasana Hati
Sinar matahari mampu merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Semakin tinggi tingkat serotonin, suasana hati bisa menjadi lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

4. Turunkan Dan memperbaiki kondisi kulit Kronis.
Siapa menyangka sinar matahari yang kerap kita hindari ternyata mampu memperbaiki kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan psoriasis. Berjemur di sinar matahari juga bisa turunkan manifestasi dari bekas luka, peregangan dan masalah kulit lainnya.

5. Perangsang produksi Vitamin D
Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit sehari saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda, dan jika 10 hingga 15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D.

6. Mengurangi Gejala Depresi
Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin, suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

7. Pencegah Diabetes Tipe 1
Paparan sinar matahari serta vitamin D yang cukup bisa cegah diabetes tipe 1 pada anak-anak.

8. Turunkan Resiko Kanker
Sintesis vitamin D, yang disebabkan oleh sinar matahari, dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Namun yang perlu diperhatikan benar adalah terlalu lama terkena sinar matahari dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

9. Tingkatkan sirkulasi darah dan mengeliminasi racun dalam tubuh
Seperti yang dilansir dari Jakartapress, sinar matahari bisa tingkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit sehinnga nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah. selain itu Paparan sinar matahari juga dapat meingkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati.

10. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
Saat tubuh terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan bebagai penyakit akibat bakteri, jamur dan virus.

11. Meningkatkan Nafsu Makan
Sinar matahari juga merupakan pengobatan terbaik unutk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

12.Membentuk dan Memperbaiki Tulang
Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang serta mencegah penyakit rakitis dan osteolacia.