Monday 16 June 2014

5 Makanan yang buat Tidur Berkualitas

Bisa tidur nyenyak sangatlah menyenangkan. Tidur merupakan keadaan istirahat alami dan penting untuk kesehatan. Ketika tidur, kita dapat beristirahat dan merasa lebih segar saat bangun. Dalam sehari normalnya orang dewasa butuh tidur selama 8 jam.

Tapi kadang tak semua orang bisa  tertidur dengan mudah dan mendapatkan tidur nyenyak selama 8 jam karena berbagai alasan seperti kesibukan kerja, terlalu capek, penyakit, dan sebagainya.

Salah satu cara agar dapat tidur nyenyak adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.  Berikut 5 macam makanan atau snack yang bisa membuat (kualitas) tidur anda jadi lebih nyenyak.

1.     Keju Lembut (Cottage Cheese)
Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang lebih baik adalah mengkonsumsi  setengah hingga 1 cangkir keju lembut (cottage cheese) sebelum tidur.

Keju lembut merupakan sumber protein yang sempurna sebelum tidur karena mengandung protein-protein kasein (zat dalam keju) yang lamban dicerna yang akan mendistribusikan asam amino ke jaringan-jaringan otot selama beberapa jam kedepan.

Selain itu, keju lembut ini mengandung asam amino tryptophan yang secara alami meyokong tidur pada tubuh dan membantu istirahat anda di malam hari. Pasangkan keju lembut dengan satu sendok mentega almond yang natural untuk membuat tubuh istirahat dengan memuaskan.
2.  Oatmeal 
Selain sebagai sarapan, oatmeat ternyata juga bisa dimakan pada malam hari. Mengapa? Karena adanya fakta bahwa karbohidrat menyebabkan pelepasan serotonin di tubuh. Seretonin adalah hormon ‘feel good’ yang mengurangi stress dan membuat pikiran jadi lebih tenang.

Oatmeal juga merupakan karbohidrat yang lamban dicerna sehingga kamu gak perlu khawatir bangun dengan tingkat kadar gula darah besar-besaran. Makan juga separuh buah apel  dan tambahkan dalam oatmeal, beserta sedikit kayu manis. Sajikan dengan sedikit (satu guyuran/ siraman) susu skim, jika suka.

3.   Kacang Tanah atau Selai Kacang Alami (peanut Butter)
Makanan ini cocok untuk orang yang sulit tertidur (dalam proses ingin tidur).
Kacang tanah (peanut) kaya akan sumber niacin, yang merupakan nutrisi lain yang membantu meningkatkan pelepasan serotonin dalam sistem tubuh.

Baik kacang tanah dan selai kacang mengandung kalori dan lemak yang lebih  tinggi. Jadi konsumsi secukupnya saja sesuai ukuran porsi anda. Namun jika kacang dan selai dimakan secara tidak berlebihan, keduanya pastilah merupakan tambahan sempurna untuk orang yang berencana diet.

Jika ingin mendapat hasil yang lebih dan paling baik, usahakan makan roti gandum bakar yang diolesi dengan selai kacang.
 
4.   Susu Hangat
Minum satu gelas sebelum tidur bisa membuat tidur jadi lebih cepat. Alasannya sih susu mengandung asam amino trytophan, dan untuk kebanyakan orang cairan hangat menimbulkan efek menenangkan dan akan memiliki efek yang sangat  me-relaks-kan.

Susu juga mengangung kalsium yang cukup yang bekerja di otak untuk membantu mengatur produksi melatonin, yaitu sebuah zat yang secara alami bakal mengontrol siklus tidur- bangun.

Tambahkan satu sendok madu, jika suka dan juga sedikit karbohidrat yang lebih jauh akan menyebabkan pelepasan serotonin. 
5.  Buah Anggur
Akhirnya, makanan terakhir yang bisa dipertimbangkan untuk membantu mempromosikan tidur malam yang nyenyak adalah buah anggur.

Anggur merupakan satu-satunya buah yang ditemukan yang mengandung hormon melatonin yang mengatur tidur, jadi dengan menambahkan anggur dalam diet kamu, kamu bisa membantu meningkatkan siklus tidur – bangun alami dalam tubuh. Dan ini akan membuat kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih cepat setiap malamnya.

Masukkan anggur ke dalam semangkuk yogurt untuk menambah kalsium sebagai snack  sempurna sebelum tidur.

Jika ingin mendapatkan tidur yang lebih baik dan nyenyak, sebisa mungkin  konsumsilah salah satu  macam kudapan saja yang mengandung karbohidrat dan juga makanan yang mengandung trytophan atau kalsium.