Sunday 15 June 2014

Yuk Manicure dan Pedicure Sendiri di Rumah

Manicure dan pedicure
Mau Manicure dan Pedicure yang tidak semahal di salon ? Lakukan saja sendiri di rumah. Bagaimana cara dan tip-nya ? 

1. Siapkan alat-alat manicure dan pedicure Anda.dengan baik. Apa saja? Minyak zaitun, air, baskom dan alat-alat pembersih kuku. Jangan lupa siapkan juga cat kuku (nail polish).

2. Cuci tangan hingga bersih. Apabila menggunakan nail polish, bersihkan cat dengan kapas dan remover terlebih dahulu. Lalu gunakan manicure brush (sikat manicure) untuk membersihkan ujung kuku. Gosok perlahan dengan gerakan satu arah. 
3. Rendam kaki dan tangan dengan air hangat dengan campuran minyak zaitun atau minyak bayi atau bisa juga garam epsom atau susu (ke dalam air hangat) di baskom yang berbeda selama 20 menit.

Untuk mempermudah agar kulit mati terangkat dan kutikula melunak, bisa juga lakukan perendaman kaki dan tangan dengan air hangat yang dicampur sabun dan jeruk nipis selama 5 menit.

4. Setelah itu, bersihkan kaki dan tangan dengan scrub (bisa juga dengan scrub buatan sendiri – campuran gula dan minyak zaitun) agar sel kulit mati terangkat. 

5. Setelah selesai, bilas lagi tangan dan kaki dengan air hangat, lalu lembabkan tangan dan kaki dengan handuk hangat. 
6. Jika masih ada minyak yang tertinggal di kuku, bersihkan dengan nail polish remover.

7. Selanjutnya keringkan tangan dan kaki dengan handuk lembut dan kering. 

8. Potong kuku dan rapikan ujung kuku. Bersihkan juga ujung kuku dengan woodstick. Kikir ujung kuku dengan kikir manicure. Apabila kuku cenderung rapuh dan tipis, gunakan kikir manicure yang terbuat dari kaca (glass nail file).

9. Oleskan cuticle remover pada kuku. Dorong kutikula dengan alat pendorong kutikula. Jangan sekali-sekali menarik kutikula, potong kutikula yang susah dibuang dengan cuticle nipper (penjepit/ pinset). Lakukan dengan hati hati. Oleskan krim tangan ke seluruh permukaan tangan. 

10. Jika ingin menggunakan cat kuku, sebelumnya terlebih dulu oleskan base coat. Pastikan selalu melindungi kuku sebelum menggunakan kuteks. Oleskan kuteks dengan hati-hati dan tipis. Biarkan polesan pertama mengering terlebih dulu baru kemudian dipoles lagi atau diberi lapisan kedua.