Saturday, 21 June 2014

Cara Mencegah Migrain

migrain 
Bagaimana cara mencegah Migrain? Migrain adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa di bagian kepala anda.

Ketika migrain menyerang kepala anda, bisa jadi rasa sakit tersebut akan terjadi dalam waktu berhari-hari, dan sangat mengganggu aktivitas kerja anda. Namun, migrain bisa disembuhkan tanpa meminum obat-obatan 

Cara Mencegah Migrain.

Pemicu migrain karena berbagai kondisi dan faktor psikologis membuat sakit kepala pada individu yang mungkin sulit dijelaskan sebabnya. Hanya sedikit para penderita migrain yang bisa secara jelas mengidentifikasi pemicunya, antara lain stres, gangguan tidur, puasa, hormon, cahaya terang atau menyilaukan, bau-bauan, asap rokok, keju basi, cokelat, monosodium glutamat/vetsin, nitrit, aspartam dan kafein.

Pada sejumlah perempuan, penurunan kadar darah dari estrogen saat haid merupakan pemicu munculnya serangan migrain (kadang-kadang dirujuk sebagai migrain menstruasi).

Dengan mengindentifikasi dan menghindari pemicu tertentu, anda tentu telah menemukan CaraMencegah Migrain paling sederhana serta mampu meminimalkan kemungkinan menderita migrain. Lalu apa saja penyebab atau pemicu migrain

Kurang Tidur 
Gangguan seperti kurang tidur, terlalu banyak tidur, kualitas tidur yang kurang dan sering terbangun di malam hari dikaitkan dengan migrain dan tekanan sakit kepala. Memperbaiki pola tidur telah terbukti mengurangi datangnya sakit kepala akibat migrain. Tidur juga dilaporkan memperpendek durasi sakit kepala akibat migrain.

Puasa 
Puasa kemungkinan bisa memicu sakit kepala akibat migrain yang disebabkan oleh dirilisnya hormon terkait stres dan menurunnya gula darah. Untuk itulah, penderita migrain disarankan untuk menghindari puasa dalam waktu lama.

Cahaya terang 
Cahay terang dan stimulan berintensitas tinggi bisa menyebabkan sakit kepala pada subyek yang sehat demikian juga halnya pada sakit kepala akibat migrain. Namun penderita migrain umumnya memiliki ambang batas yang lebih rendah terkena sakit kepala saat terpapar cahaya yang menyebabkan sakit kepala. Cahaya matahari, televisi, kelebatan sinar dilaporkan menjadi pemicu sakit kepala akibat migrain.

Kafein
Kafein terkandung dalam sejumlah makanan, seperti kola, teh, cokelat, kopi dan analgesik yang dijual bebas. Kafein dalam dosis rendah dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi, namun kafein dosis tinggi bisa menyebabkan insomnia, kecemasan, mudah tersinggung dan sakit kepala. Penggunaan analgesik yang mengandung kafein juga menyebabkan berulangnya sakit kepala. Selain itu, seseorang yang hobi mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak lebih mudah mengalami sakit kepala berulang saat konsumsi kafein dihentikan secara mendadak.

Cokelat, anggur, tiramin, MSG, nitrit, aspartam
Cokelat dilaporkan menyebabkan sakit kepala akibat migrain, namun studi ilmiah tidak secara konsisten menunjukkan hubungan antara konsumsi cokelat dan sakit kepala. Anggur merah telah terbukti menyebabkan sakit kepala migrain pada sejumlah penderita migrain, namun tidak jelas apakah anggur juga akan menyebabkan sakit kepala migrain.

Tiramin (sebuah kimia yang ditemukan pada keju, anggur, bir, sosis kering dan acar/asinan) dapat memicu sakit kepala migrain, namun tidak ada bukti bahwa mengonsumsi makanan rendah tiramin dapat mengurangi frekuensi kejadian migrain.

Monosodium glutamat (MSG) dilaporkan menyebabkan sakit kepala, rasa panas pada wajah, berkeringat dan palpitasi saat dikonsumsi dalam dosis tinggi dan dalam kondisi perut kosong. Fenomena ini dikenal sebagai sindrom restoran China.

Nitrat dan nitrit (kimia yang ditemukan pada hot dog,  ham, sosis, daging babi yang diasinkan) telah lama dilaporkan sebagai penyebab sakit kepala migrain.

Aspartam, sebuah pemanis pengganti gula yang ditemukan pada minuman dan camilan diet, juga dilaporkan memicu sakit kepala saat digunakan dalam dosis tinggi dan dalam waktu lama.

Hormon perempuan
Sejumlah perempuan yang menderita sakit kepala migrain mengalami rasa sakit yang lebih hebat saat datangnya haid. Sementara perempuan lain mengalami migrain hanya selama periode haid. Kata “migrain menstruasi” biasanya digunakan untuk menggambarkan migrain yang terjadi pada perempuan dua hingga satu hari sebelum periode haid. Penurunan kadar estrogen saat haid tampaknya menjadi penyebab migrain menstruasi. Penurunan kadar estrogen mungkin juga jadi penyebab sakit kepala pada pengguna pil kontrasepsi pada minggu saat estrogen tidak dikonsumsi. 


Friday, 20 June 2014

Kenali Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala Usus Buntu
Penyakit usus buntu atau dikenal dalam kedokteran sebagai Appendicitis  adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada lapisan saluran lumen dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi dan lama kelamaan akan terjadi penimbunan atau penumpukan tinja/faces yang sangat keras di bagian usus buntu atau disebut sekum atau caecus.

Penyumbatan inilah yang kemudian membuat bakteri atau virus terperangkap di dalam usus buntu sehingga bisa memicu terjadinya infeksi radang usus buntu.

Lalu gejala-gejala apa saja yang sering dialami penderita usus buntu ?
1. Rasa nyeri yang hebat di area perut kanan bawah atau di sekitar selangkangan
2. Saat batuk atau bersin, perut kanan bawah juga terasa sakit
3. Terkadang disertai demam  setelah gejala lain muncul.
4. Kurang nafsu makan
5. Jika area pertu ditekan, perut bagian kanan bawah akan terasa lebih sakit.
6. mual dan muntah
7. perut bengkak

Bagi anda yang sudah terkena usus buntu atau sekedar mengalami gejala usus buntu, sebaiknya anda menghindari mengKonsumsi cabai atau jambu  beserta bijinya, karena seringkali biji jambu dan cabai tidak tercerna dengan baik oleh lambung, sehingga masuk ke  dalam saluran usus buntu sebagai benda asing.

Makanya untuk  mencegah peradangan usus buntu disarankan sesering mungkin anda mengonsumsi makanan  berserat seperti sayuran dan buah (bisa membantu proses pencernaan dan mencegah tinja terlalu lama berada  di dalam usus).


Tip Sembuhkan Ambeien

Anda punya ambeien atau wasir ? Jangan khawatir, atasi dengan beberapa tip berikut ini.

Ambeien  terjadi karena pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Ambeien bisa terjadi sebagai akibat mengejan terlalu keras saat buang air besar, kehamilan, usia lanjut, kesulitan buang air besar (konstipasi) dan terlalu banyak duduk.  Ambeien biasanya tidak berbahaya, dan umumnya menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Tanda-tanda atau gejala ambeien

Ambeien internal (di dalam rektum) biasanya menyebabkan pendarahan yang tidak sakit saat buang air besar. Namun demikian, darah yang keluar bersama kotoran dapat juga disebabkan oleh selain ambeien (misalnya kanker usus). Bila Anda mendapati darah dalam kotoran Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala lainnya adalah buang air yang terasa tidak tuntas meskipun sudah tidak ada lagi yang dapat dikeluarkan. Selain itu, Anda mungkin juga merasakan perih, gatal atau iritasi di sekitar anus. Hal ini terutama terjadi bila ambeien “nongol keluar” (prolapsis). Anda biasanya dapat memasukkan kembali ambeien tersebut melalui anus dan masalahnya selesai, tetapi bila tidak dapat dimasukkan dan semakin membesar karena terjebak di luar anus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Gejala ambeien luar (di sekitar anus) antara lain pembengkakan yang nyeri atau benjolan keras di sekitar anus yang terbentuk dari gumpalan darah. Rasa sakit biasanya meningkat saat buang air besar atau ketika duduk.

Bagaimana mengatasi ambeien?


Anda dapat melakukan terapi sendiri untuk mengurangi gejala-gejala ambeien, antara lain dengan:

 1. Berendam dengan air hangat beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar, selama sekitar lima belas menit.
 2.Pemberian krim/minyak hemoroid (misalnya: anusol) di daerah yang terkena, untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit.

Obat biasanya tidak diperlukan untuk menghilangkan ambeien. Ambeien yang besar dan menggangu seringkali perlu ditangani dengan tindakan medis. Beberapa teknik tindakan yang biasa diterapkan dokter antara lain:

3. Ligasi gelang karet. Sebuah gelang karet ditempatkan di dasar wasir di dalam rektum. Gelang tersebut memotong sirkulasi sehingga ambeien akan menghilang dalam beberapa hari.
4. Skleroterapi. Cairan kimia disuntikkan ke sekiling pembuluh darah untuk mengecilkan ambeien.
5. Pembekuan dengan infra merah. Sebuah perangkat khusus infra merah digunakan untuk membakar jaringan ambeien.
 6. Hemoroidektomi. Bedah untuk membuang ambeien.

Pencegahan


Pencegahan ambeien yang efektif adalah dengan mencegah konstipasi.

1. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat dan air sangat bermanfaat memperlunak kotoran dan memudahkan buang air besar. Buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik bagi kesehatan.
2. Jangan menunda buang air besar karena akan membuat kotoran semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.
3. Bila Anda kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah dan memudahkan keluarnya kotoran.

Manfaat Tidur Siang

Tidur merupakan aktivitas rutin yang wajib dilakukan oleh setiap manusia untuk mengistirahat pikiran dan tenaga setelah beraktifitas. Setelah tidur, stamina yang dimiliki akan pulih seperti sedia kala. 

Walau tidak terlihat secara langsung, tidur siang nyatanya juga berdampak baik bagi kesehatan. Berikut inimanfaat ampuh tidur siang bagi kesehatan anda :

1. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda.

2. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.

3.    Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

  4.  Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.

  5.  Tidur siang ternyata mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

Tip Mengusir Dengkuran

Ngorok atau mendengkur saat tidur memang mengganggu pasangan dan keluarga, atau orang lain yang tinggal bersama anda. Suara dengkuran yang terkadang terlalu keras bahkan bisa membahayakan orang-orang yang ada di sekitar anda.

tips sembuhkan dengkuran
Dengkuran terjadi disebabkan oleh adanya penyempitan saluran pernafasan ketika anda tidur dimana jika saluran itu dilalui udara maka akan timbul suara.  Mendengkur bisa jadi sesuatu yang berbahaya ketika persediaan oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat penyempitan saluran pernafasan.

Selain penyempitan saluran pernafasan, dengkuran terjadi sebagai akibat dari beberapa hal berikut ini.

- melemahnya otot tenggorokkan dan otot lidah
- amandel yang terlalu besar
- otot pernafasan mengendur saat tidur,
- lidah jatuh ke belakang akibat posisi tidur terlentang
- adanya benjolan pada tenggorokkan karena kegemukan atau penyakit tertentu
Lalu, bagaimana cara menyembuhkan dengkuran ?

1. Matikan rokok Anda.
Asap  rokok membuat jaringan-jaringan, baik di tenggorokan maupun hidung mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara.

2. Rampingkan dan bugarkan tubuh.
Walaupun orang kurus juga bisa mendengkur, mendengkur tiga kali lebih sering dialami oleh mereka yang berbadan gemuk.

3.  Jangan makan terlalu banyak.
Jangan makan terlalu banyak  selama tiga jam sebelum tidur, hindari juga cemilan ketika Anda terjaga pada tengah malam. Itu karena proses pencernaan membuat otot-otot di mana pun-termasuk di tenggorokan anda menjadi santai dan lemas.

4.  Bersihkan lubang hidung Anda.
Jika hidung Anda terasa tersumbat, pertimbangkan upaya membersihkannya dengan obat semprot hidung yang dijual bebas di apotik.

5.  Tetapi hati-hatilah.
Pemakaian berlebihan dapat merugikan Anda, bahkan membuat hidung Anda makin tersumbat. Ikuti petunjuk petunjuk pada kemasannya dengan cermat. Hidung yang terus menerus tersumbat perlu diperiksakan ke dokter THT.
6. Hindari alkohol.
Hindari minum alkohol empat jam sebelum tidur. Alkohol menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi terlalu santai. Begitu pula obat-obat penenang atau obat tidur.

7.  Jangan tidur telentang.
Tidur menyamping mungkin dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut jatuh menutup jalan napas. Salah satu cara yang manjur agar Anda tidak tidur telentang adalah memasang sebuah saku pada punggung piyama Anda kemudian memasukkan sebuah bola tenis ke dalamnya. Bola itu akan membuat Anda tidak nyaman ketika akan tidur telentang sehingga tanpa sadar memilih tidur menyamping.

8.  Naikkan posisi kepala dan pundak Anda.
 Tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah dapat membantu mencegah dengkur karena dalam posisi demikian lidah tidak akan "runtuh" menutup jalan napas. Walaupun demikian, jangan mengganjal kepala Anda dengan tumpukan bantal-ini hanya akan membuat Anda pegal dan membuat tenggorokan Anda tertekuk, sehingga keadaan justru memburuk. Sebagai gantinya, taruh sebuah bata di bawah kaki tempat tidur sebelah atas agar posisinya naik kira-kira 10 hingga 13 cm.

9.  Coba memakai alat penahan leher.
Alat penahan yang sering digunakan ketika seseorang menderita cedera leher (whiplash collar) mungkin membuat Anda tampak aneh bagi pasangan tidur Anda, tetapi alat ini membuat dagu Anda tetap terangkat sehingga leher Anda tidak pegal sementara tenggorokan tetap terbuka. Agar leher Anda tidak kaku pada pagi hari gunakan alat penahan yang terbuat dari busa bukan dari plastik. Whiplash collar dari busa terasa
empuk dan tidak membuat leher Anda terlalu tertarik. Akan tetapi jika Anda merasa pegal ketika bangun tidur, pelan-pelan regangkan otot-otot leher Anda, pijat dengan lembut, kemudian mandilah dengan air hangat.

10.  Memakai penahan lidah.
Banyak klinik gangguan tidur menyediakan alat penahan lidah yang membuat lidah Anda tetap ke depan dan mulut tetap tertutup ketika Anda tidur. Ortodontis juga dapat membuatkan alat dengan efek serupa untuk  menahan rahang Anda pada malam hari.