Tuesday 17 June 2014

10 Tip Sembuhkan Panas Dalam

Tip Sembuhkan Panas dalam
Anda terkena panas dalam ? Ini adalah 10 tip sembuhkan panas dalam yang bisa anda praktekkan di rumah. Dijamin manjur deh.

Panas Dalam (Misnomer) merupakan kondisi panas yang menyerang esofagus atau kerongkonganbagian bawah, yang menyebabkan rasa sakit, bibir pecah-pecah, mata merah, meriang, hingga lidah terasa pahit.

Penyebab panas dalam sendiri umumnya karena makan terlalu cepat, terlalu banyak mengkonsumsi daging, coklat, bawang, kopi, minuman beralkohol dan dapat juga karena kebiasaan merokok.

Cara termudah mengobati panas dalam adalah dengan menghindari pemicu-pemicunya,. Karena itu. anda bisa mencoba beberapa tip berikut ini

1.    Jaga berat badan. 
Tubuh yang terlalu gemuk atau pada wanita yang sedang hamil, perut bagian atas mendesak ke atas melewati diafragma.

2.    Kurangi konsumsi daging.

3.    Minumlah segelas susu. 
cara ini mungkin membantu menghindari panas dalam lebih efektif. Susu bertindak sebagai zat protektif, tapi daya efektif susu tidak seefektif dibanding antasid yaitu zat yang membantu menetralisir keasaman dalam perut.

4.    Untuk melindungi perut Anda dalam menetralisir asam, minumlah 1 sampai 2 sendok teh cairan antasid anti-serap seperti magnesium hidroksida setiap 1 sampai 2 jam.

5.     Perhatikan jam makan
Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.

6.    Jangan makan makanan yang terlalu panas atau dingin
Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut sehingga mempersulit proses pencernaan.

7.    Jaga menu makanan anda
Makanan yang panas dan digoreng sering kali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Peradangan tersebut akan menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Terlalu banyak minyak dalam makanan juga tidak baik untuk pencernaan dan tenggorokan.

8.     berolahragalah secara rutin
Gejala panas dalam bisa muncul karena kelelahan. Dengan berolahraga, kondisi tubuh bisa dilatih dan terjaga lebih baik. Daya tahan atau stamina pun akan meningkat sehingga tidak mudah terkena panas dalam ketika kondisi tubuh terlalu lelah.

9.     Kurangi stres
Saat ini banyak orang yang mengeluh terkena panas dalam akibat stres. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, juga mengacaukan jam makan dan hormon tubuh. 

10.    Anda juga bisa mencoba obat tradisional untuk atasi panas dalam antara lain sebagai berikut:
Bahan:
•    Daun Prasman / Raja panah  (secukupnya)
•    Air (secukupnya)
Pemakaian:
Seduh daun prasman dengan air panas, lalu disaring. Minum ramuan tersebut 3x sehari.

Selamat mencoba