Friday 20 June 2014

Kenali Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala Usus Buntu
Penyakit usus buntu atau dikenal dalam kedokteran sebagai Appendicitis  adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada lapisan saluran lumen dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi dan lama kelamaan akan terjadi penimbunan atau penumpukan tinja/faces yang sangat keras di bagian usus buntu atau disebut sekum atau caecus.

Penyumbatan inilah yang kemudian membuat bakteri atau virus terperangkap di dalam usus buntu sehingga bisa memicu terjadinya infeksi radang usus buntu.

Lalu gejala-gejala apa saja yang sering dialami penderita usus buntu ?
1. Rasa nyeri yang hebat di area perut kanan bawah atau di sekitar selangkangan
2. Saat batuk atau bersin, perut kanan bawah juga terasa sakit
3. Terkadang disertai demam  setelah gejala lain muncul.
4. Kurang nafsu makan
5. Jika area pertu ditekan, perut bagian kanan bawah akan terasa lebih sakit.
6. mual dan muntah
7. perut bengkak

Bagi anda yang sudah terkena usus buntu atau sekedar mengalami gejala usus buntu, sebaiknya anda menghindari mengKonsumsi cabai atau jambu  beserta bijinya, karena seringkali biji jambu dan cabai tidak tercerna dengan baik oleh lambung, sehingga masuk ke  dalam saluran usus buntu sebagai benda asing.

Makanya untuk  mencegah peradangan usus buntu disarankan sesering mungkin anda mengonsumsi makanan  berserat seperti sayuran dan buah (bisa membantu proses pencernaan dan mencegah tinja terlalu lama berada  di dalam usus).