Wednesday 18 June 2014

Cara Mudah Atasi Kapalan dan Pecah-Pecah Pada Kaki

Kaki pecah-pecah
Pecah-pecah pada kaki membuat kaki anda tampak kurang sempurna. Begitu juga jika ada penebalan kulit di bagian-bagian tertentu di kaki kita, atau yang biasa disebut kapalan, juga akan membuat kaki anda tak lagi indah.

Meski berada di bagian tubuh paling bawah dan sering tertutup oleh sepatu atau sandal, tapi kaki kita juga layak untuk diberikan perhatian dan perawatan ekstra seperti bagian tubuh lainnya. Karena kaki kita sudah menjalankan tugasnya menopang tubuh kita sepanjang hari.

Kulit pecah-pecah biasanya terjadi karena kulit yang ekstra kering. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis kulit, dehidrasi, suhu kering atau dingin, ataupun zat-zat kimia seperti deterjen, pembersih lantai, dan lainnya. Karena itu ada baiknya kita menggunakan alas kaki.

Sementara kapalan biasanya terjadi karena  penggunaan sepatu hak tinggi, cara berjalan yang tidak benar, dan faktor obesitas.

Beberapa tip untuk mengatasi kapalan dan pecah-pecah pada kaki  berikut ini bisa anda coba.

1. Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan produk perendam kaki dengan kandungan thyme oil. Campuran ini berguna untuk melembutkan dan menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kapalan.
2. Kurangi sumber gesekan dan tekanan pada kaki sehingga dapat mengurangi resiko kaki kapalan.
3. Jangan memotong bagian kulit yang mengalami penebalan karena akan menyebabkan infeksi.
4. Gunakan sepatu yang nyaman dan pas ukurannya. Hindari sepatu yang sempit, berujung runcing, ataupun berhak tinggi. Pemakaian sepatu yang berujung runcing hanya akan menimbulkan dan memperparah kapalan.
5. Sebelum tidur, rendam kaki dalam air hangat yang diberi beberapa sendok baking soda. Selesai merendam tempelkan bagian dalam kulit lemon pada bagian yang kapalan dan rekatkan dengan plester (bandage). Minyak esensial didalam kulit jeruk akan menghaluskan kapalan secara lembut sepanjang malam. Dipagi harinya buka kulit jeruk lemon yang ditempelkan semalam dan gosok kulit mati dengan batu apung.
6. Gosokkan batu apung pada area kaki yang bermasalah, untuk menghilangkan kulit yang mengeras atau bisa gunakan scrub halus.
7. Oleskan krim pelembap setiap hari, khususnya setiap malam sebelum tidur untuk menghaluskan kaki. Pilih krim yang mengandung salicylic acid yang membantu proses penyembuhan lebih cepat.
8. Oleskan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E sebagai pelembab yang baik untuk mengurangi kulit kaki yang kering.

Cara Mudah Percantik Kaki

1. Manjakan kaki dengan pedikur.
Jangan lupa minta pada terapis kaki Anda untuk memoles kutek pada kuku kaki. Kaki Anda bakal terlihat indah dan terawat.
2. Hindari duduk terlalu lama.
Duduk terlalu lama akan membuat kaki bengkak.
3. Batasi asupan garam.
Ini juga akan membuat kaki Anda bengkak.
4. Batasi pemakaian stiletto.
Memang Anda jadi terlihat seksi dan menarik bila memakai stiletto, tetapi sebaiknya jangan terlalu lama memakainya. Sepatu ini oke jika dipakai ke pesta, tetapi kurang nyaman bila dipakai ke kantor.
5. Oleskan minyak zaitun.
Pilih minyak zaitun jenis extra virgin. Jenis zaitun ini adalah sumber vitamin E yang baik dan bisa jadi pelembab untuk mengatasi tumit dan kaki kering.
6. Tambahkan susu atau minyak esensial.
Teteskan minyak esensial kesukaan Anda pada air rendaman kaki. Anda rileks, kaki pun jadi cantik. Anda juga bisa memanjakan kaki dengan mandi susu karena susu bisa melembutkan dan melembabkan kaki.
7. Coba pijat refleksi kaki.
Pijat ini bersifat merilekskan. Tawaran pijat refleksi sekarang mudah ditemui. 

Kaki yang sehat dan indah akan menambah percaya diri kamu sebagai seorang yang akan penampilan, jadi bye-bye kapalan dan pecah-pecah pada kaki.